Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki di Indonesia, dari zaman 2-Tak sampai 4-Tak

Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki di Indonesia, dari zaman 2-Tak sampai 4-Tak –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Kembali membahas tentang Produk legendaris dari Pabrikan Jepang Belogo S nih. Yaitu Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki yang pernah beredar di Indonesia sejak dulu kala.

Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki

Yaps Genre Ayam Jago sebenarnya mengambil basic desain dari Motor Bebek dengan cirikhas telanjang pada bagian depan. Pada Headlamp, Speedometer, Stang dan Garpu tampil tanpa Cover layaknya motor Sportnaked. Arahnya jelas membuat tampilan Motor makin Macho dan Sporty dibanding Motor Bebek biasa aka Konvensional. Dari segi mesin ada yang menggunakan Basic aslinya atau Selonjoran dan ada yang menggunakan mesin tegak yang full power. PT Suzuki Motor Indonesia sendiri sudah sejak cukup lama memasarkan model ini, mulai dari mesin 2Tak sampai era 4Tak. Nah sekarang kita Flashback deh dengan ulasan di bawah ini.

Motor Ayam Jago Suzuki 2-Tak

Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki
Suzuki RC Sprinter

Suzuki RC Sprinter
Yaps Ayago dari Suzuki ini menggunakan Basic dari Suzuki RC series yang cukup handal saat itu. Mengusung mesin 2-tak berkubikasi 99.6cc (100 cc) berpendingin udara dan sistem Karburator. Memiliki Power Max 9.5Hp @6.500 rpm dan Torsi Maz 1.15 kg.m @5.000rpm. Menggunakan Sasis model Monokok membuat tampilanya terlihat agak wagu. Shockbreaker Teleskopik depan dan Dual Shock belakang dengan rem masih Tromol depan dan belakang. Masa edarnya cukup singkat mulai 1988 sampai 1991 saja yang membuat unitnya tak terlalu banyak dipasaran.

Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki
Suzuki RK Cool

Suzuki RK Cool
Masih mengusung mesin 2-Tak Suzuki kembali mendatangkan Ayago secara CBU yaitu RK Cool dengan kapasitas mesin 110cc. Dengan tampilan lebih modern serta Sasis Underbone untuk menopang mesin Tegak bertransmisi manual 5 Speed yaitu 1-N-2-3-4-5. Shockbreaker depan model Teleskopik dan belakang Monoshock, sudah menggunakan Velg Racing dan Rem Double Disc dan Stang Model Clip On. Knalpot model Racing dan Footstep belakang gantung dengan Masa Edar dari tahun 2002 sampai 2004 saja.

Motor Ayam Jago Suzuki 4-Tak

Suzuki Raider 125
Sukses dengan RK Cool bermesin 2-tak Suzuki akhirnya mengimpor saudara kembarnya namun mengusung mesin yang berbeda. Suzuki Raider 125 dibekali mesin 4-Tak 1 Silinder DOHC 4 Klep dengan pendingin Oil Cooler. Memiliki Power Max 13.3Hp @10.500rpm yang di salurkan melalui Gearbox 5 Speed yang mampu teriak di RPM Tinggi Brad’s. Masa edarnya mulai tahun 2002 sampai tahun 2004 saja.

Suzuki Raider 150
Raider 125 pada tahun 2004 Stop Produksi di Thailand akhirnya Suzuki Memboyong Raider 150 yang dibekali mesin berkapasitas lebih besar. Berkubikasi 147.3cc Satu Silinder DOHC 4Klep berpendingin Oil Cooler motor ini memiliki Power Max 16.5Hp @9.500rpm serta Torsi Max 12.76Nm @8.500rpm. Motor berkarakter Overbore ini powernya di salurkan melalui Gearbox 6 Speed.

Suzuki Satria F150

Yaps melihat pasar ini cukup berkembang dan nyaris tanpa pesaing, Suzuki akhirnya menghadirkan Saudara dari Raider 150 yaitu Satria F150 dengan beberapa penyesuaian. Masih berstatus CBU Thailand Satria F150 mengusung mesin 4 Langkah satu Silinder DOHC 4 Klep Oil Cooler dengan sistem karburator. Generasi ini memiliki Power Max 16 Ps @9.500rpm serta Torsi Max 1.27 Kg.m @8.500rpm yang disalurkan melalui Gerbox 6 Speed saja. Sampai saat ini telah melahirkan 4 Generasi yaitu CBU Thailand 2004 (2006 CKD), Satria F Barong 2007 dan Satria pesawat pada 2013. Sedangkan pada 2016 meluncur All New Satria F150 FI dengan perubahan menggunakan Sistem Injeksi dan pendingin Radiator. Jadi secara keseluruhan generasi Satria F150 beredar dari tahun 2004 sampai sekarang sekitar 16 tahun.

Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki
Suzuki Satria F115 Youngstar

Suzuki Satria F115 Young Star
Pada Mei 2015 Suzuki mencoba memberi Opsi pecinta FU dengan Paket Hemat harga miring yang mengusung esain Sporty dan Modern. Mengambil Basic mesin dan desain Shooter 115cc motor ini memiliki mesin selonjoran khas motor bebek. Dengan Shockbreaker belakang double dan Single Disc motor ini terbilang Overprice dan tak diminati konsumen. Suzuki Satria F115 Young star akhirnya gulung tikar pada April 2016 dengan umur yang cukup pendek.

TVS Max semi Trail 125cc, ikuti jejak Honda Win 100

Arti Huruf Perseneling Mobil Matic, P R N D 3 2 dan L pada Toyota Avanza

Suzuki TRS pengalaman pertama belajar motor kopling

Yamaha Vixion tipe Non KS, kurang laku dan banyak yang ga kenal

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody, berikut kekurangan dan kelebihanya

Wisata Umbul Nogo Manyaran, legenda mistis dikaki Gajah Mungkur

Motor Ayam Jago tetap diminati

Yaps itulah tadi sejarah singkat Motor bergenre Ayam Jago dari Suzuki yang beredar sejak tahun 80an sampai sekarang. Meskipun tak semanis dahulu model inibtetap diminati oleh beberapa kalangan dengan alasan tersendiri tentunya. Jujur kalau saya malah tertarik pada Satria F115 Young star karena lebih unik, langka dan perawatanya murah… Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung… By JeckminatoR☠

Source pic by Google

One thought on “Sejarah Motor Ayam Jago Suzuki di Indonesia, dari zaman 2-Tak sampai 4-Tak”

Suwun wis mampir Brad's... Monggo Coment dan rasakan Sensasinya...

%d blogger menyukai ini: