Sasis Monocoque Ladder dan Unibody, berikut kekurangan dan kelebihanya

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody, berikut kekurangan dan kelebihanya –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Pada artikel ini kita akan sedikit belajar dan mengenal sasis Mobil yang biasa diadopsi Kendaraan roda 4 Indonesia. Sebagai penambah pengetahuan saja supaya kita faham kekurangan dan kelebihan Sasis Monocoque Ladder dan Unibody.

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody

Yaps setiap pabrikan tentu punya pertimbangan tersendiri dalam memilih dan menggunakan model sasis atau frame pada Produknya. Hal tersebut di pengaruhi Jenis kendaraan, peruntukanya dan sesuai pasar yang lebih di sukai konsumen. Seperti di Indonesia tiap pabrikan menggunakan sasis yang berbeda untuk jenis Mobil Sedan, MPV (mobil penumpang) ataupun SUV (Sport Utility Vehicle). Frame yang banyak dipakai adalah Monocoque (Monokok), Ladder Frame dan ada sebagian menggunakan model sasis Unibody. Nah dari ketiga jenis sasis diatas kita bahas perbedaan dan kekuranya di bawah ini Brad’s, buat sekedar menambah wawasan saja.

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody

Sasis Monocoque (monokok)

Merupakan sasis tunggal atau rangka tunggal dimana Sasis menyatu dan berfungsi menjadi Bodi kendaraan. Kekuatan utamanya pada lembaran-lembaran Baja (composit) yang di satukan dan diperkuat dengan las. Kelebihanya membuat bobot kendaraan lebih ringan sehingga menghasilkan akselerasi yang lebih baik dan lincah untuk bermanuver. Nah hal inilah yang membuat tipe sasis ini lebih efisien dalam urusan konsumsi bahan bakar. Sasis ini juga cukup baik dalam meredam guncangan dengan menyerapnya ke seluruh bodi sehingga lebih nyaman. Handling dan pengendalian kendaraan cukup presisi membuat bantingan steer terasa lembut. Sasis Monokok banyak di aplikasikan pada mobil jenis Sedan MPV dan beberapa SUV. Kekurangan mobil dengan rangka ini adalah Ground Clearence rendah sehingga kurang pas dimedan Off-Road dan cocok untuk wilayah perkotaan saja. Banyak dipakai pada mobil MPV dan SUV, dan SUV sasis Monokok kurang maksimal saat diajak melibas medan Off-Road.

Sasis Monocoque Ladder dan Unibody

Sasis Ladder Frame

Sasis Ladder Frame atau model tangga dibuat secara terpisah yang di hubungkan dengan Bodi mobil dengan cara dibaut. Konstruksinya sasis ini berada di bawah dan menopang Bodi serta Mesin mobil sehingga bisa dibongkar pasang. Kelebihanya memiliki Ground Clearence tinggi serta kaki-kaki yang kuat sehingga sangat handal saat menaklukan medan Off-Road. Minusnya kurang terlalu baik dalam menyerap getaran, limbung dan Radius putar sempit sehingga kurang cocok di perkotaan. Selain itu bobotnya menambah berat kendaraan sehingga kurang baik dalam berakselerasi yang membuat konsumsi BBM sedikit lebih boros. Ladder Frame banyak digunakan pada Mobil Niaga Pick-up, Pick-up Premium, Double Cabin, SUV dan MPV. Selain tangguh dan kuat sasis ini juga banyak di pakai pada mobil dengan berpenggerak belakang maupun 4WD Brad’s.

Sasis Uni Body / Hybrid

Sasis model ini merupakan perpaduan antara Monokok dan Ladder Frame. Sasis dilas menyatu dengan bodi mobil dan ada juga perpaduan sasis depan Ladder yang disambung kesasis belakang / setengah-setengah. Keunggulanya mobil jadi lebih kuat untuk menopang beban tapi tetap ringan sehingga akselerasi lebih baik serta lebih irit BBM. Di Indonesia Mobil yang menganut sasis Unibody adalah sikembar Avanza Xenia, Rush Terios duet maut LMPV LSUV kolaborasi Toyota Daihatsu. Sasis ini cukup lincah untuk bermanuver dan bisa beradaptasi di segala medan meskipun sedikit limbung.

Fungsi Electronic Stability Control / ESC, fitur keselamatan pada mobil

Yamaha XRide 125 terbaru, harga dan pilihan warna

Fungsi Hill Start Assist pada mobil modern

Bundelan Hills Gunungkidul, nongkrong asyik di Platar Watu mas Gandul

Agen Sedya Mulya Cikarang, Spesial untuk perantau Milenial Wonogiri

Agen Putera Mulya Pulogebang dan no kontaknya

New Daihatsu Sigra 2019, harga dan pilihan warnanya

Yaps semoga artikelnya menambah pengetahuan kita nih, apalagi suatu saat mau ambil mobil bisa di sesuaikan dengan kebutuhanya.
Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠️

15 thoughts on “Sasis Monocoque Ladder dan Unibody, berikut kekurangan dan kelebihanya

Suwun wis mampir Brad's... Monggo Coment dan rasakan Sensasinya...

%d blogger menyukai ini: