Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1 dan Satria 120R, pernah miara 3 bebek mesin tegak ini

Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1 dan Satria 120R, pernah miara 3 bebek mesin tegak ini –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Motor bebek bermesin tegak yang beredar di Indonesia sebenarnya cukup banyak lho. Karena pernah miara 3 jenis dari pabrikan berbeda, maka kita bahas Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1 dan Satria 120R.

Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1

Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1

Yaps ini mungkin pengalaman yang ga saya sengaja dan bukan pula merupakan suatu kebetulan Brad’s. Secara berurutan pernah miara motor bebek bermesin tegak dan kopling manual, dan kapasitasnya terus naik juga hehehe. Selain itu ketiganya berasal dari pabrikan yang berbeda yaitu Suzuki Honda dan Yamaha. Urutanyapun dari kapasitas mesin paling kecil yaitu Suzuki Satria 120R, lanjut Honda CS1 125 dan terbaru adalah New Jupiter MX135. Hanya saja Satria 120R tersebut merupakan motor dengan mesin 2 langkah dan pastinya berbeda dengan CS1 ataupun Jupiter MX135 ya. Nah dari pengalaman tersebut bisa kita buat perbandingan ya mulai dari Desain Performa dan Kenyamanan dari mereka bertiga ini.

Perbandingan Desain

Satria 120R menemani saya mulai tahun 2006-2008, CS1 2012-2013 dan MX baru ambil kemarin deh hehehe. Dari segi Desain masing-masing memiliki basic dan pesona masing-masing dan secara Overall apik kabeh mas. Satria 120R memiliki tampilan kekar padat dengan desain Simpel kompak dan Sporty serta cocok dimodif dengan berbagai macam aliran. Sedangkan CS1 desainya cukup berbeda keren dan lebih condong ke gaya Adventure dengan Headlamp di tebeng. Sedangkan NJMX135 Desain Sporty ganteng serta bisa dimodif sesuai selera dengan berbagai macam aliran. Jujur ketiganya Desain jempolan semua dan sama kerenya bagi saya, jadi bingung buat nentuin mana yang terbaeek.

Perbandingan Handling

Satria 120R beratnya 100Kg, CS1 114Kg dan NJMX 109 Kg menurut saya perbedaanya cukup tipis sih. Ketiganya cukup anteng dan anteb untuk kecepatan tinggi, tapi Satria dan MX terasa lebih lincah mungkin karena faktor karakter mesin saja. Tapi CS1 lebih nyaman Handling dan Riding Positionya apalagi buat perjalanan jauh Brad’s. Dari ketiga motor ini handlingnya beda tipis sih dan tak terlalu mencolok bagi saya.

Perbandingan Performa

Nah ini yang yang berasa paling mencolok dimana Satria 120R menggunakan mesin 2tak 6Speed tanpa Radiator dan memakai Karburator Konvensional. Sedangkan CS1 dan MX mengusung mesin 4 langkah pake Radiator dengan 5 Speed saja. Jelas Satria memiliki akselerasi lebih baik, dan nikmat pada gigi 2-5 tapi gigi 6nya loyo dan kurang dibutuhkan. Untuk perjalanan jauh mesin loyo saat panas karena hanya mengandalkan pendingin udara kipas JetCooled andalanya. Apalagi ketemu banyak tanjakan semakin berasa kedodoran saat mesin panas dan satu lagi konsumsi BBMnya bikin meringis bisa 10Km/Liter.

Honda CS1 memiliki karakter mesin Overbore yang cocok buat teriak diRPM tinggi, jadi untuk akselerasi perlu ngebejek gas agak dalam. Jadi konsumsi BBMnya sedikit boros sih namun powernya lumayan apalagi buat melibas trek panjang atau perjalanan luar Kota. Sedangkan NJMX 135 yang mengusung mesin Overstroke memiliki Torsi yang melimpah, enak buat tarik-tarikan dan akselerasinya cuuusss bener. Karakternya yang Stop n Go enak banget dipakai untuk perkotaan dan konsumsi BBMnya tergolong irit sih bagi saya.

Curug Country Cariu Jonggol, yuk liburan kesini

Warna Honda Scoopy 2020, harga dan spesifikasi terbaru

Suzuki ARASHI 125, bebek tak bersayap impian mas Jecks yang tak terwujud

Yamaha Xabre dan MT-15, pilih mana ya

Review Isuzu Panther Touring 2004, Rajanya Diesel Mbah

Renault Triber Indonesia diluncurkan, LMPV 7 seater 3 silinder

Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1

Kesimpulan Jupiter MX135 vs CS1 dan Satria 120R

Nah dari ketiga perbandingan diatas sebenernya cukup bingung menyimpulkan mana yang terbaek, karena hampir semuanya Imbang sih. Hanya Satria kalah di Boros BBM, CS 1 di Sparepart dan MX sebaliknya yaitu BBM irit, Sparepart melimpah serta mudah di Modifikasi. Hahaha menurut saya ketiganya oke banget dah dengan kekurangan dan kelebihanya masing-masing. Dan saya cukup puas dengan Trio bebek dari tiga Pabrikan Raksasa Jepang ini karena pernah memilikinya. Nah ada yang pernah miara ketiga motor ini…?
Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠

12 thoughts on “Perbandingan Jupiter MX135 vs CS1 dan Satria 120R, pernah miara 3 bebek mesin tegak ini

      1. Kalah kl tracknya panjang, tapi selama berangkat kerja CS1nya itu2 aja, dan ridernya gak panasan walau kalah dari MX sampe dianya hafal kl ketemu di Halim pasti ngajakin ngebut…wkwkwk

Suwun wis mampir Brad's... Monggo Coment dan rasakan Sensasinya...

%d blogger menyukai ini: