Nostalgia Suzuki Satria 120R, Bebek boros yang tersia-siakan

Nostalgia Suzuki Satria 120R

Nostalgia Suzuki Satria 120R, Bebek boros yang tersia-siakan –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dulunya bernama Indomobil Suzuki International (ISI) pernah jaya dengan motor bebek super 2 tak dizamanya. Motor yang identik dengan kecepatan dan konsumsi BBM yang boros membawa kembali Nostalgia Suzuki Satria 120R.

Nostalgia Suzuki Satria 120R

Siapa sih yang ta kenal dengan Suzuki Satria…? Motor ini tetap melegenda dan cukup sukses dalam transformasinya dari mesin 2 langkah ke 4 langkah di pasar Indonesia. Motor ini merupakan bebek pertama di Indonesia menggunakan mesin tegak serta rangka Twin Spar SCAF dan Shockbreaker belakang Monoshock. Desain dan karakternya cukup Sporty untuk menyasar pecinta kecepatan dan yang berjiwa muda tentunya. Motor ini hadir dalam 3 generasi dan cukup sukses di pasaran sebelum terbentur regulasi yang membuatnya stop produksi.

Nostalgia Suzuki Satria 120R

Generasi pertama lahir pada 1997 menggunakan basic Suzuki RG Sport berakhir pada 1999 dengan nama Suzuki Satria 120 S. Dengan mesin 120,7cc 2 Langkah 5 percepatan rotary kopling semi otomatis serta sistem pendingin udara Jet Cooled. Bore x Stroke 56 x 49mm memberikan Power 13Hp @7.500 rpm dan Torsi 12,7Nm @ 6000rpm terbesar di zaman itu. Tersedia Electrik dan Kick Starter Karburatornya masih menggunakan Mikuni VM 18 SS.

Nostalgia Suzuki Satria 120R

Suzuki Satria RU 120R

Versi terbarunya adalah Suzuki Satria 120R dengan masa bakti 1998 Sampai 2004 dengan beberapa update. Satria 120R mengusung perubahan tanpa Electrik Starter, bobot lebih ringan serta Karburator yang menghasilkan Power dan torsi lebih tinggi.

Tahun 1999 menyusul lahirnya Satria 120R versi Castwheel Double Disc yang makin keren terutama hadirnya Livery Televonica Movistar yang Iconic. Generasi ini menggunakan mesin 120cc dengan Karburator lebih besar yaitu Mikuni VM 20 SS sehingga Power menjadi 13,5 Hp dan Torsi 13,2 Nm. Sistem perseneling pun berubah menjadi Manual 6 Speed 1-N-2-3-4-5-6 atau maju mundur mundur layaknya motor sport. Motor ini juga di kenal sebagai Satria Lumba-lumba dan identik dengan motor balap jalanan karena performanya yang cukup mumpuni.

Satria 120R LSCM

Generasi terakhir ini lahir pada 2004 dan berakhir cukup singkat karena terbentur regulasi yaitu tahun 2005. Satria 120R LSCM (Lion Suzuki Corporate Malaysia) ini di datangkan langsung dari Negeri Jiran. Meski mengusung mesin yang sama Powernya naik mencapai 15 Hp, posisinya pun di gantikan Satria FU 150 CBU.

Nostalgia Suzuki Satria 120R

Nah sejarah motor ini sidah kita bahas di atas sebagai pelengkap pengetahuan kita Brad’s. Kebetulan Mas Jecks pernah memiliki motor ini selama hampir 2 tahun dengan Striping Biru Kuning. Teringat motor ini pas kebetulan kemarin iseng Searching di group jual beli dan ternyata harganya edyaaannnn, malah naik. Padahal dulu ane tukerin Kaze R malah nombok atau ga ada harganya, karena isu regulasi dan image boros BBM. Kalau di inget nyesel juga sih hehehe… Karena motor tersebut pernah menemani aktivitas sehari-hari bahkan sempat di ajak mudik ke Gunungkidul. Tentu memberi kesan dan kenangan tersendiri baik pahit maupun manis selama bersamanya.

Mengenang Suzuki Satria F115 Youngstar, bebek ganteng yang berumur pendek

Suzuki Satria F150 warna baru, harga dan spesifikasinya

Honda Sonic 150R 2020, berikut varian warna dan harganya

Honda Supra GTR150 2020, dengan harga dan pilihan warna terbaru

Pilih Honda Beat atau Vario 110, nah berikut perbandingannya

Kawasaki W175 TR diluncurkan, motor Retro bergaya Scrambler

Suzuki NEX II Cross, inovasi setengah hati

Mudik pake Suzuki Thunder 125, woh begini rasanya

Air Terjun Grojogan Plered Sukoharjo, Spot wisata millenial di Watukelir

Motor ini Handling nya cukup nyaman, enak dan anteb terutama saat membelah angin Pantura. Akselerasi cukup jozzz meski harus main gas untuk mendapat kecepatan konstan di gigi 6. Yang paling melekat di ingatan adalah konsumsi BBM yang cukup boros yang membuatnya tersia-siakan pas harga BBM melonjak naik. Korban dari efisiensi akhirnya motor yang pernah menyeret saya dan mencium aspal ini harus lepas dari genggaman… Ya… Semua tinggal kenangan yang membuat ingin memilikinya lagi… Tapi Asudahlah… Harga bekasnya terlalu jauh dari jangkauan…
Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠

21 thoughts on “Nostalgia Suzuki Satria 120R, Bebek boros yang tersia-siakan

  1. Waktu itu saya ngga nglirik motor ini dan lebih suka Honda Astrea Grand..
    Kalo Inget ini pengen ngakak.. soale jadi korban propaganda irit Honda..

Suwun wis mampir Brad's... Monggo Coment dan rasakan Sensasinya...

%d blogger menyukai ini: