Melewati turunan dengan Motor Matic, simak tipsnya

Melewati turunan dengan Motor Matic, simak tipsnya –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Motor matic aka Skuter matik saat ini merupakan jenis kendaraan roda dua yang pertumbuhanya cukup pesat. Walaupun begitu di butuhkan teknik dan pengalaman untuk kondisi tertentu seperti cara melewati turunan dengan motor matic.

Melewati turunan dengan motor matic, sepertinya sebuah hal yang sepele ya brad’s tapi ternyata tak semua orang bisa melakukanya dengan baik. Terlepas dari skill individu serta pengalaman tentu untuk pemula perlu sedikit memahami cara melewati turunan dengan motor matic agar lebih aman dan meminimalisir kecelakaan. Saat ini populasi motor matic sangat masive dan terus bertumbuh serta menyebar dari perkotaan sampai pedesaan. Bahkan sebagian masih ada yang hanya bermodal ngegas saja tanpa mengetahui karakter dari motor matic yang berbeda dengan model kopling manual dan semi otomatis. Nah bagi yang tinggal di pedesaan maupun pegunungan seperti saya bisa simak tips berikut supaya tetap aman melewati jalur turunan saat mengendarai motor matic.

Melewati turunan dengan motor matic

1. Posisi gas jangan sampai kosong.
Saat melewati turunan jangan mengosongkan gas karena motor ini menggunakan sistem persneling otomatis, pertahankan sedikit gas tipis untuk mencegah motor melaju tak terkendali akibat handel gas benar-benar kosong.

2. Siapkan 4 jari pada handle rem dalam posisi siaga untuk mengatur laju motor dan kondisi darurat jika harus melakukan pengereman mendadak. Sedangkan tingkat pengereman sesuaikan dengan kondisi jalan.

3. Utamakan menggunakan rem depan dibanding rem belakang atau menekan handle rem depan lebih keras dari pada rem belakang, karena rem depan lebih berperan untuk menahan daya dorong motor kedepan yang lebih besar saat melewati turunan. Sedangkan rem belakang gunakan sebagai penyeimbang saja brad’s.

4. Seimbangkan rem depan dan belakang sesuai kondisi saat melewati turunan terutama dengan tikungan tajam dan berkerikil, karena kondisi seperti itu sangat berbahaya jika terfokus menggunakan rem depan yang bisa menyebabkan roda depan tergelincir yang mengakibatkan motor dan pengendaranya terjatuh.

5. Jangan melepas handle rem motor sebelum selesai melewati jalan menurun karena bila salah prediksi motor bisa meluncur lebih cepat dan sulit di kendalikan yang bisa berakibat menabrak objek lain di depan.

6. Gunakan kaki sebagai penyeimbang, terutama saat jalan menurun dalam keadaan padat atau macet.

Baca Juga :

Cara cewek puntir gas ini bikin ngilu gan, jadi Auto njengat

Kecelakaan akibat Solar tumpah, Jecksminator pun pernah ndlosor lho

Pengalaman tak boleh mengisi BBM Premium untuk motor, kok gitu sih

Info Razia Cikarang Bekasi kenali titiknya, berikut tips amannya gan

Hindari tersesat di Semarang Pemudik pemula bisa lewat Jalur ini

Hindari macet Kalimalang pemudik motor tangerang sebaiknya lewat jalur ini..

Gunung Sepikul Sukoharjo, keindahan di balik legenda

Wisata Kampung batu Manyaran Wonogiri,menikmati keindahan batu raksasa dari ketinggian

Horor gan,begini rasanya riding malam sendirian dari Sumedang menuju Cikarang

Daftar Mudik Gratis 2019 lebaran bareng Kemenhub

Syarat membuat SKCK dan memperpanjang, mudah dan cepat

Bayar Pajak Motor Online lewat Aplikasi Sakpole, cepat dan gak ribet

Jadwal Samsat Keliling Klaten, monggo di simak

Melewati turunan dengan motor matic memang butuh trik tersendiri demi keselamatan berkendara meskipun terlihat sepele, apalagi kita tak bisa menggunakan engine break pada motor Skuter matic. Yaps semoga infonya bermanfaat…

Salam Cah Nggunung…

By JeckminatoR☠

Makasih dah mampir brad's... yang mau ninggalin jejak monggo...

%d blogger menyukai ini: