Honda Vario baru sering mati, berikut Curhatan menyedihkan sang pemilik

Honda Vario baru sering mati, berikut Curhatan menyedihkan sang pemilik –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Mempunyai motor baru memang menyenangkan dan memberikan Spirit tersendiri di awal kepemilikanya. Tapi ada juga yang membuat pemiliknya Galau, seperti Curhatan Konsumen ini ketika Honda Vario baru sering mati.

Honda Vario Baru sering mati

Yaps… Awal cerita yang menyedihkan ini Mas Jeck dengar saat beristirahat di Smoking Area sebuah Perusahaan di Kawasan Jababeka. Di sela waktu Break 5 menit itu terlihat seorang karyawan muda dengan wajah mendung seperti menyimpan beban atau masalah tersendiri. Kebetulan ane duduk ga jauh dari orang tersebut sehingga ketika temanya menghampiri dan ngajak ngobrol terdengar dengan jelas (wah….nguping). Temanyapun membuka obrolan dengan menanyakan tingkahnya yang aneh dan tak seperti biasanya, kira-kira begini percakapanya Brad’s… Nah ini Sign pemeran dalam percakapan tersebut
T: Teman.
D:Dia.
S: saya.

Percakapan

T : heh lo ngapain ngalamun mulu… Kaya orang bingung…?
D: iya nih bingung gwe, vario baru gwe ada yang ga beres. Padahal motor baru semingguan mau bawa ke AHAS belum gajian nunggu bulan depan.
T : ga beres gimana…? Emang knapa apanya yang rusak.
D: motor gwe suka mati sendiri bro kalau pas antri nyeberang rel ama di lampu merah. Makanya gwe bawa Supra takut Vario mogok di jalan, rumah gwe kan jauh.
T: Mati bablas apa langsung idup lagi itu?
D : Nggak bablas sih tapi kalau udah tarik gas tiba-tiba nyala sendiri. Gwe takutnya pas pulang malem mati motor mati di jalan.
T : Emang Vario lu yang tipe apaan…?
D : Vario 125 yang paling Mahal bro di atas tipe CBS, namanya tipe apa lupa gwe pokoknya ada SSnya gitu.
S : Mulai tersenyum jahat.
T: Pario ISS maksutnya ( logat sunda yang kental)
D : nah iya bener (ujarnya dengan sumringah).
T : Ah dasar Bego banget lo… Beli motor kaga tau perbedaan tipe ama fiturnya ( sambil ngakak ama noyor kepala temanya)
D : lah emang gimana (bingung sambil nyengir)
T : ISS emang begitu bego ( sambil menjelaskan fungsi dan cara kerja fitur ISS Honda seperti awak media).
D : (Akhirnya faham dengan mengucap kata “masa sih” beberapa kali saat temanya menerangkan).

S : tetep diem sambil cengar-cengir melihat ekspresi wajah mereka dan juga fikiran saya sudah di wakili oleh temanya.

Pentingnya memahami fitur kendaraan

Dari percakapan di atas membuat saya terseyum geli, karena mau Dosa takut Ketawa Brad’s. Jadi intinya pemilik tidak paham dengan tipe motor beserta fitur dan cara kerjanya. Dan terjadi lagi deh yang membuat Konsumen gagal faham, bahkan sampai meninggalkan motornya di rumah karena takut mati di jalan. Kebetulan lagi Bokek jadi niatnya mau nunggu Gajian buat service atau jaga jaga jika harus membayar lebih di bengkel resmi. Di satu sisi Salesnya lupa menjelaskan atau malah konsumenya ga faham saat di beri penjelasan saat menerima unitnya. Hehehe jadi lucu dan mengharukan ya…

Apa itu Fitur ISS Honda

ISS adalah singkatan dari Idling Stop System yaitu teknologi yang di kembangkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Merupakan Teknologi yang bekerja dengan sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti dilampu merah. Teknologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Fitur bekerja saat tombol Idling Stop sudah ditekan dan lampu indikator pada speedometer sudah menyala. Saat motor telah berjalan sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa Idling Stop sedang aktif dan sedang digunakan.

Ketika handle gas (throttle) dibuka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal keECM untuk memberitahu altenator dan menghidupkan mesin. Jadi tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala, dan berlangsung terus-menerus selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi jika tombol Idling Stop tidak diaktifkan maka Idling Stop tidak bekerja.

Kesimpulan

Nah tentang Te knologi ISS ini kita bahas pada artikel selanjutnya saja Brad’s, kalau di sini ntar kepanjangan deh. Kesimpulanya sebagai Customer kita harus tau dan faham tentang Motor, tipe dan fungsi fiturnya walaupun Sales sudah atau belum menjelaskanya. Bertanya gaoaoa gausah malu dari pada nantinya memalukan hehehe… Lagian ga semua sales menjelaskan secara detail pada konsumen, jadi kita juga harus inisiatif sendiri. Nah gimana cerita kejadian di atas…? Menyedihkan bukan… Tapi ane lebih sedih gaesss karena si Masnya gafaham fungsi fitur ISS yang tombolnya ada di sebelah kanan stang huhuhuhu….
Semoga bermanfaat…
Salam Cah Nggunung…
By JeckminatoR☠️

25 thoughts on “Honda Vario baru sering mati, berikut Curhatan menyedihkan sang pemilik

Suwun wis mampir Brad's... Monggo Coment dan rasakan Sensasinya...

%d blogger menyukai ini: