Fungsi Electronic Stability Control / ESC, fitur keselamatan pada mobil

Fungsi Electronic Stability Control / ESC, fitur keselamatan pada mobil –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… kali ini kita akan sedikit mengulas tentang fungsi dan cara kerja salah satu sistem keselamatan pada mobil. Meskipun telah banyak di ulas ga ada salahnya ni kita mengenal fitur dan fungsi Electronic Stability Control / ESC pada mobil.

Fungsi Electronic Stability Control / ESC sebenarnya cukup vital untuk menunjang keselamatan pengemudi, karena dapat menekan angka kecelakaan karena hilangnya kontrol pada mobil karena beberapa faktor. Fitur ini memiliki nama yang berbeda-beda pada tiap pabrikan mobil antara lain di sebut VSC (Vehicle Stability Control), VSA (Vehicle Stability Assist), ASC (Active Stability Control), DSC (Dynamic Stability Control), ESP (Electronic Stability Program) dan masih ada lagi nama lain dari tiap pabrikan. Fitur ini berfungsi membantu pengemudi agar tak kehilangan kontrol atau lost control pada mobil yaitu ketika roda kehilangan traksi yang dapat menyebabkan Oversteer maupun Understeer yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan dalam situasi dan kondisi tertentu. Hilangnya traksi pada roda sendiri bisa terjadi saat melibas tikungan tajam dengan cepat yang mengakibatkan mobil kehilangan kontrol dan melaju kesamping karena tak kuat menahan beban dengan kemungkinan terburuk mobil bisa terbalik. Selain itu hilangnya traksi bisa terjadi ketika pengemudi membanting setir kekiri dan langsung kekanan untuk menghindari objek di depan yang bisa menyebabkan mobil melintir dan berputar 180 derajat seperti melakukan drift yang pasti akan sangat berbahaya bila terjadi di jalan raya brad’s. Jadi bisa di bilang ESC merupakan fitur wajib untuk keselamatan pada mobil walaupun belum semua mobil modern di bekali dengan fitur ini karena beberapa faktor terutama dari segi harga mobil itu sendiri.

Fungsi Hill Start Assist pada mobil modern

Renault Triber Indonesia pakai mesin tiga silinder saingi Avanza cs, yakin…?

ECU Wuling bermasalah ribuan unit mobil di Recall

Wuling Confero S ACT, mobil dengan sensasi motor bebek

Warna Wuling Almaz dan Harga 2019

Fungsi transmisi Honda HRV Matic, kenalan yuk…

Suzuki Ertiga Sport 2019 resmi di luncurkan

Harga New Toyota Avanza 2019 dan pilihan warnanya

Nissan All New Livina 2019, harga mulai 198 jutaan saza

Kode Biss Key TV One Live World Boxing 2019

Kecelakaan Bundelan Hills Ngawen Gunungkidul, Bus terguling di tanjakan

Fungsi Electronic Stability Control / ESC pada mobil modern tentu memiliki urutan dan cara kerja sendiri, biasanya fitur ini berdampingan dengan sistem keselamatan lainya seperti ABS, EBD, HSA dan BA. ESC akan bekerja secara otomatis ketika sensor membaca ada bagian ban yang kehilangan traksi, dan secara otomatis akan menambah daya pengereman pada bagian roda yang kehilangan traksi tersebut untuk menjaga kestabilan mobil dan juga mengurangi kecepatanya secara otomatis. Sistem ESC ini akan bekerja sama dengan sistem ABS untuk melakukan pengereman brad’s. Nah gimana …? Fitur ini cukup penting kan untuk menekan angka kecelakaan karena faktor diatas… Semoga infonya bermanfaat… Salam Cah Nggunung…

By JeckminatoR☠

Makasih dah mampir brad's... yang mau ninggalin jejak monggo...

%d blogger menyukai ini: