Cara menguras Oli Motor sendiri, terutama yang habis terendam banjir –

Cara menguras Oli Motor sendiri

Cara menguras Oli Motor sendiri, terutama yang habis terendam banjir –

Psychomotive.net // Haill Brad’s… Sistem pelumasan pada kendaraan bermotor merupakan hal penting untuk menjaga komponen mesin agar tetap dalam kondisi baik. Selain mengganti secara berkala kita juga perlu mengetahui cara menguras oli motor sendiri.

Pentingnya mengontrol kondisi oli

Yaps saat ini oli mesin yang beredar di pasaran cukup banyak dan bervariasi peruntukannya. Hal tersebut untuk memperbanyak pilihan oli sesuai dengan jenis motor dan kebutuhanya. Jadi menyesuaikan dengan banyaknya model dan jenis motor yang saat ini beredar di Indonesia dengan spesifikasi berbeda-beda. Oli motor sendiri berfungsi untuk melumasi dan menjadi bantalan komponen mesin yang bekerja untuk meminimalisir friksi atau gesekan antar komponen. Selain itu Oli juga berfungsi membantu mendinginkan mesin terutama yang belum menggunakan Oil Cooler maupun Radiator. Oleh karena itu kita harus mengontrol kondisi oli motor yang kita gunakan supaya motor tetap dalam kondisi prima. Diantaranya dengan melakukan pengecekan berkurangnya oli, penggantian secara rutin dan mengurasnya untuk membersihkan kotoran di dalam mesin. Nah sekarang kita bahas deh cara menguras oli mesin sendiri.

Cara menguras Oli Motor sendiri

Mengapa Oli motor perlu di kuras…? Karena dalam pemakaian jangka panjang tentu ada gram-gram hasil gesekan pada komponen mesin saat bekerja dan akan mengendap dalam mesin. Bisa juga setelah motor terendam banjir yang berpotensi air ikut sembunyi didalamnya yang bisa merusak komponen di dalamnya. Nah jangka waktu pengurasan ini bisa 6 bulan sampai 10 bulan sekali, tergantung tingkat pemakaian motor itu sendiri. Cara mengurasnya bisa di bengkel dengan vakum dan bisa dikuras secara manual jika sedang ada waktu luang.

Nah berikut ini tutorial cara menguras dan membilas oli secara manual.
1. Siapkan Oli yang biasa kita gunakan sebanyak 2 botol.
2. Lalu Tab atau keluarkan oli lama selagi kondisi mesin hangat (jangan terlalu panas dan jangan pada kondisi dingin). Hal ini di harapkan masih ada efek sirkulasi sehingga kontaminan oli di mesin dalam keadaan relatif homogen.
3. Tutup kembali baut pembuangan oli mesin kemudian masukan setengah botol oli baru untuk membilas kotoran mesin yang tertinggal.
4. Nyalakan mesin sekitar 3-5menit sambil sesekali di gas perlahan.
5. Buang kembali Oli hasil bilasan sampai bersih, jika masih kotor lakukan sekali lagi langkah di atas. Jika sudah cukup sisa Oli bisa di simpan untuk pengurasan bulan selanjutnya.
6. Masukan Oli baru sesuai dengan takaranya untuk motor anda Brad’s. Gimana mudah dan murahkan…?

Rem CBS Honda Berbahaya, membunuh feel dan bikin kagok

Perbedaan Minyak Rem DOT3 DOT4, jangan asal pakai gan

Mengganti Filter udara Yamaha Mio, murah gampang dan cepat

Warna Honda CB150 Verza 2019, makin Macho

Review Honda Blade 110R, ini dia kekurangan dan kelebihannya

Air Terjun Banyunibo Wonogiri, Destinasi Wisata di Manyaran

Yamaha Jupiter Z1 2019, pilihan warna harga dan spesifikasi

Harga Honda Revo Injeksi, pilihan warna dan spesifikasinya

Fungsi membilas pelumas

Yaps membilas pelumas secara total atau flushing untuk membuang oli yang sudah rusak maupun kotoran yang mengendap di dalam mesin. Tujuanya agar Pelumas baru menjadi lebih segar dan kerja olipun manjadi maksimal untuk melumasi dan mendinginkan mesin. Mudah dan murah nih buat di coba pada motor kesayangan kita… Semoga bermanfaat… Salam Cah Nggunung

Pic By Dede Yusuf
By JeckminatoR☠

%d blogger menyukai ini: